UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM DI KELAS IV SD NEGERI 4 TUNJUNGSETO

AZIZAH, FIRDAUS ULFAH NUR (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM DI KELAS IV SD NEGERI 4 TUNJUNGSETO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_BAB I.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
Firdaus Ulfah Nur Azizah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpiki kritis dan sikap ilmiah peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended Problem. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari satu rencana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model sistem spiral dari Kemmis, Stephen., & MC Taggart, Robin yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri 14 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki-laki. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes evaluasi keterampilan berpikir kritis, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, lembar observasi aktivitas sikap ilmiah, serta lembar skala sikap ilmiah. Siklus I memperoleh hasil 44% untuk hasil rata-rata sikap ilmiah peserta didik dengan kriteria cukup baik. Kriteria cukup baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 41%-60%. Siklus II memperoleh hasil 69,6% untuk rata-rata sikap ilmiah dengan kriteria baik. Kriteria baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 61-80%. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan. Siklus I pada pertemuan I memperoleh hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 36% dengan kriteria kurang baik. Kriteria kurang baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 21%-40%, kemudian pada pertemuan II memperoleh hasil 52% dengan kriteria cukup baik. Kriteria cukup baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 41%-60%. Ketuntasan belajar peserta didik pada Siklus II pertemuan I memperoleh hasil 72% dengan kriteria baik. Kriteria baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 61%-80%, dan untuk pertemuan 2 memperoleh hasil 80% dengan kriteria baik. Kriteria baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 61%-80%. Rata-rata dari Siklus I ke Siklus II yaitu dari siklus I memperoleh hasil 44% dengan kriteria cukup baik. Kriteria cukup baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 41%-60%, kemudian meningkat menjadi 76% dengan kriteria baik. Kriteria baik yaitu kriteria yang perolehan persentasenya mulai dari 61%-80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Open Ended Problem dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap imiah peserta didik pada tema 9 Kayanya Negeriku di kelas IV SD Negeri 4 Tunjungseto, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Santhy Hawanti Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah, Model Pembelajaran Open Ended Problem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 19 Nov 2019 03:58
Last Modified: 19 Nov 2019 03:58
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9718

Actions (login required)

View Item View Item