GAMBARAN TRIASE, RESPONSE TIME, PENANGANAN PASIEN DAN PENGKATEGORIAN PANGGILAN DI PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 SATRIA KABUPATEN BANYUMAS

MARYANTIKA, RATNA (2019) GAMBARAN TRIASE, RESPONSE TIME, PENANGANAN PASIEN DAN PENGKATEGORIAN PANGGILAN DI PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 SATRIA KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ratna Maryantika COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ratna Maryantika BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ratna Maryantika BAB II.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
Ratna Maryantika BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Ratna Maryantika BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
Ratna Maryantika BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
Ratna Maryantika DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
Ratna Maryantika LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Pelayanan kegawatdarurat ditingkat prehospital sangat diperlukan seiring dengan meningkatnya kasus-kasus kegawatdaruratan di masyarakat. Public Safety Center (PSC) merupakan wujud dari pelayanan kegawatdaruratan yang menekankan time saving is life and limb saving. PSC dituntut untuk dapat memberikan pertolongan yang cepat dan tepat kepada pasien karena pasien dapat mengarah ke kondisi gawat darurat sewaktu-waktu. Tujuan: Mengetahui gambaran triase, response time, penanganan pasien dan pengkategorian panggilan di Public Safety Center (PSC) 119 Satria kabupaten Banyumas. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-deskriptif dengan pendekatan retrospektif, menggunakan 42 data sekunder. Analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil: Sebagian besar kasus yang ditangani masuk triase urgent sebanyak 27 kasus (64%), kasus gravida (ibu hamil) menjadi kasus yang paling banyak ditangani yakni sebanyak 12 kasus (29%), sebanyak 41 kasus (98%) ditangani dengan response time yang cepat, sebanyak 42 kasus (100%) dilakukan assess, 7 kasus (17%) dilakukan treat, 38 kasus (90%) dilakukan transport. Dari 7 kasus yang dilakukan treat, 3 kasus (43%) dilakukan perawatan luka, masing-masing sebanyak 2 kasus (28,5%) dilakukan tindakan oksigenasi dan pemberian infus. Pengkategorian panggilan sebagian besar adalah panggilan Kategori 3 (panggilan dengan triase urgent) sebanyak 27 panggilan (64%). Kesimpulan: Sebagian besar triase adalah triase urgent, sebagian besar response time cepat, penanganan dilakukan sesuai kebutuhan pasien, pengkategorian panggilan sebagian besar adalah Kategori 3.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Ns. Endiyono, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Penanganan pasien, Pengkategorian Panggilan, Response Time, Triase
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 05 Nov 2019 06:55
Last Modified: 05 Nov 2019 06:55
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9613

Actions (login required)

View Item View Item