EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TTW (THINK TALK WRITE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA

RATNASARI, ELVANIA YANUAR (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TTW (THINK TALK WRITE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ELVANIA YANUAR R_COVER.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ELVANIA YANUAR R_BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ELVANIA YANUAR R_BAB II.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
ELVANIA YANUAR R_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
ELVANIA YANUAR R_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img] Text
ELVANIA YANUAR R_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
ELVANIA YANUAR R_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
ELVANIA YANUAR R_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Efektivitas Penggunaan Metode TTW (Think Talk Write) dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Sokaraja ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas berupa penggunaan metode TTW dan variabel terikat berupa kemampuan menulis teks berita. Teknik penentuan sampel yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks berita. Hasil posttest kemampuan menuli teks berita kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,76, sedangkan kelompok kontrol sebesar 75,52. Setelah melakukan pengujian hipotesis, diperoleh nilai < 0,05 yang berarti bahwa ditolak dan diterima, dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan metode TTW lebih tinggi daripada kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sukristanto, M.Pd., Dan Dra. Hj. Sri Utorowati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis teks berita, metode TTW.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:13
Last Modified: 04 Nov 2019 02:13
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9582

Actions (login required)

View Item View Item