ARNANIK, MUTIARA (2019) PENGARUH TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK TERHADAP PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA KORBAN BULLYING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[thumbnail of Mutiara Arnanik COVER.pdf]
Preview
Text
Mutiara Arnanik COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Mutiara Arnanik BAB I.pdf]
Preview
Text
Mutiara Arnanik BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of Mutiara Arnanik BAB II.pdf]
Preview
Text
Mutiara Arnanik BAB II.pdf

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Mutiara Arnanik BAB III.pdf] Text
Mutiara Arnanik BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[thumbnail of Mutiara Arnanik BAB IV.pdf] Text
Mutiara Arnanik BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Mutiara Arnanik BAB V.pdf] Text
Mutiara Arnanik BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Mutiara Arnanik DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Mutiara Arnanik DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Mutiara Arnanik LAMPIRAN.pdf] Text
Mutiara Arnanik LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Ketidakmampuan remaja dalam mengantisipasi konflik dapat menimbulkan stress yang berkepanjangan yang akan mengarah pada frustasi yang kerap menjadi penyebab agresi. Pada remaja yang menghadapi bullying rentan terhadap stress sehingga seringkali terjadi melakukan strategi koping yang bersifat negatif pada perilaku asertif. Salah satu terapi kelompok yang diberikan adalah Terapi Kelompok Terapeutik (TKT).
Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap perilaku asertif pada remaja korban bullying di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan menggunaan analisis data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan desain With Control Group Design. Dengan jumlah responden 60 orang.
Hasil : Menujukkan hasil uji t independent dimana hasil signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 (p<0,05), dengan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan selisih skor perilaku asertif korban bullying antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi terapi kelompok terapeutik terhadap perilaku asertif korban bullying
Kesimpulan : Terdapatperbedaan peningkatan perilaku asertif korban bullying siswa SMP Muhammadiyah I Purwokerto pada kelompok kontrol dan intervensi terapi kelompok terapeutik (p <0,05).

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Ns. Dayat Trihadi, M.Kep., Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: bullying, terapi kelompok terapeutik, perilaku asertif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan S1
Depositing User: Roni Purwanto
Date Deposited: 24 Oct 2019 01:19
Last Modified: 12 Jun 2024 01:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9476

Actions (login required)

View Item View Item