HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS II SOKARAJA

DIKA, JIMI ILHAM (2019) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS II SOKARAJA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Jimi Ilham Dika COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jimi Ilham Dika BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jimi Ilham Dika BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
Jimi Ilham Dika BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
Jimi Ilham Dika BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
Jimi Ilham Dika BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
Jimi Ilham Dika DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
Jimi Ilham Dika LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Layanan rawat jalan di Puskesmas adalah alternatif dari pelayanan kesehatan di tingkat Kecamatan. Semakin tinggi angka kunjungan ulang adalah salah satu indikasi yang baik dari penilaian masyarakat/ persepsi masyarakat terhadap fasilitas pelayanan dan juga petugas kesehatan. Data dari Puskesmas II Sokaraja menunjukkan bahwa jumlah kunjungan secara umum menurun pada kuartal ketiga tahun 2018. Bulan Juli sebanyak 2106, Agustus sebanyak 1668, dan September sebanyak 1386. Oleh karena itu, Puskesmas II Sokaraja diharapkan meningkatkan seluruh dimensi kualitas pelayanan kesehatan terutama dalam aspek keramahan petugas kepada masyarakat sehingga masyarakat mau berkunjung kembali untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas II Sokaraja. Terlebih lagi jika terdapat rawat inap dan sarana prasarana yang memadai maka akan memberikan alasan pada masyarakat untuk lebih menggunakan pelayanan kesehatan di Puskesmas II Sokaraja. Tujuan : Mengidentifikasi hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas II Sokaraja. Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas II Sokaraja sebanyak 1386 pasien. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 93 responden. Analisis data menggunakan uji statistik chi square. Hasil : Kualitas pelayanan kesehatan menunjukkan kategori baik dengan persentase (69,9%), cukup (30,1%). Minat kunjungan ulang pasien menunjukkan kategori ya dengan persentase (58,1), tidak (41,9). Ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien dengan nilai (p value 0,0001 < α 0,05). Kesimpulan : Ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas II Sokaraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Ns. Etlidawati, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan kesehatan, minat kunjungan ulang
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:52
Last Modified: 22 Oct 2019 03:52
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9445

Actions (login required)

View Item View Item