ATHOURROHMAN, ARIF (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS SIMPANG BERSINYAL DI SIMPANG KARANGLEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Arif  Athourrohman_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Arif Athourrohman_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Arif  Athourrohman_BAB I.pdf]
Preview
Text
Arif Athourrohman_BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of Arif  Athourrohman_BAB II.pdf]
Preview
Text
Arif Athourrohman_BAB II.pdf

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of Arif  Athourrohman_BAB III.pdf] Text
Arif Athourrohman_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[thumbnail of Arif  Athourrohman_BAB IV.pdf] Text
Arif Athourrohman_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[thumbnail of Arif  Athourrohman_BAB V.pdf] Text
Arif Athourrohman_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of Arif  Athourrohman_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Arif Athourrohman_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of Arif  Athourrohman_LAMPIRAN.pdf] Text
Arif Athourrohman_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

Simpang bersinyal di simpang karanglewas merupakan salah satu simpang
penghubung antara Purwokerto dengan Ajibarang sehingga berpotensi
menimbulkan kemacetan dan tundaan karena arus lalu lintas yang cukup padat
terutama pada jam sibuk dengan berbagai jenis kendaraan. Dalam penelitian ini
ingin dilihat bagaimana efektivitas lampu lalulintas pada simpang bersinyal di
simpang karanglewas. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa simpang
bersinyal dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Survey
dilakukan selama 3 (tiga) hari dalam satu minggu yakni dari hari Sabtu, hari Minggu
dan hari Senin. Dari hasil-hasil survey selama tiga hari tersebut dan setelah
dilakukan analisis maka diperoleh bahwa pada tahun 2019 volume puncak terjadi
pada hari senin pada jam 06.45 – 07.45 sebesar 1087 smp/jam dan serta nilai Derajat
Kejenuhan sebesar 1,47 maka dapat disimpulkan simpang bersinyal tersebut dalam
kondisi jenuh. dan dilakukan skenario 1 dengan merubah dari 3 fase menjadi 2 fase
maka Derajat Kejenuhan 0,70 maka kondisi simpang bersinyal menjadi tidak jenuh.
Setelah dilakukan analisis tahun 2024 didapatkan Derajat Kejenuhan 1,66 maka
kondisi simpang bersinyal sangat jenuh dan dilakukan skenario II pada lengan timur
dan barat menjadi belok kiri langsung. maka derajat kejenuhan untuk utara, selatan,
timur dan barat sebesar 0,75, 0,58, 0,65 dan 1,51 karena lengan barat masih dalam
kondisi jenuh maka dilakukan skenario III yaitu pelebaran jalan yang sebelumnya
11 meter menjadi 15 meter. maka diapat Derajat Kejenuhan untuk utara, selatan,
timur dan barat sebesar 0,72, 0,56, 0,37 dan 0,74 maka kondisi simpang bersinyal
menjadi tidak jenuh.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Sulfah Anjarwati, S.T., M.T. dan Dr. Iskahar, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Simpang Bersinyal; Derajat Kejenuhann
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Tekniik Dan Sains > Teknik Sipil S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 15 Oct 2019 00:47
Last Modified: 12 Jun 2024 07:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9391

Actions (login required)

View Item View Item