SUSILO, . (2019) NILAI KETOKOHAN K. H. AHMAD DAHLAN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Susilo_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Susilo_BAB I.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text
Susilo_BAB II.pdf Download (676kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Susilo_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
|
![]() |
Text
Susilo_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
![]() |
Text
Susilo_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
|
Text
Susilo_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (673kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Susilo_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul nilai ketokohan K.H. Ahmad Dahlan dalam kurikulum pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan tujuan untuk mengetahui struktur kurikulum kemuhammadiyahan dan tentunya bagaimana implementasi pendidikan Kemuhammadiyahan serta untuk mengetahui nilai ketokohan apa saja yang dapat diambil dari K.H. Ahmad Dahlan dalam pendidikan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Manfaat Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan catatan dokumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Teknik analisis data menggunakan data reduction , data display, serta conclusion drawing. dari hasil penelitian, bahwa dalam kurikulum ISMUBA mempunyai penambahan jam di setiap mata pelajaran agama, selain itu juga terdapat kendala-kendala yang dihadapi baik itu dari siswa maupun guru. Ketercapaian keberhasilan penelitian ini antara lain dengan adanya penanaman nilai ketokohan Ahmad Dahlan kepada siswa dapat menumbuhan jiwa nasionalisme, religius, toleransi, kerja keras, dan cinta tanah air. Selain itu, juga hal yang paling penting dalam penanaman nilai-nilai ketokohan Ahmad Dahlan pada siswa yaitu melalui nilai pendidikan karakter di mana siswa akan mencontoh sifat disiplin dan taat dalam melakukan ibadah, menghargai perbedaan dan kritik, senang mendendangkan sholawat dan membaca AL-Qur’an, memiliki jiwa kepemimpinan, dan senang berorganisasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Asep Daud Kosasih, S.Pd., M.Ag. dan Arifin Suryo Nugroho, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Ketokohan K.H. Ahmad Dahlan; Pembelajaran Kemuhammadiyahan |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 01:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 01:43 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |