RAKAJAYA, PERHAT (2019) ANALISIS PENGARUH FAKTOR HAMBATAN SAMPING TERHADAP VOLUME LALU LINTAS PADA RUAS JALAN Dr. GUMBREG PURWOKERTO MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (709kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (964kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (800kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Ruas jalan Dr. Gumbreg Purwokerto merupakan jalan dua lajur dua arah tak
terbagi dengan lebar 5,5 meter dan panjang 1,2 kilometer. Tingginya aktifitas
samping jalan seperti pejalan kaki, kendaraan yang sering keluar masuk area
samping segmen jalan, kendaraan berhenti dan parkir dan kendaraan tak bermotor
terutama pada jam-jam tertentu maka berpengaruh terhadap volume lalu lintas
yang akhirnya mengakibatkan kemacetan, sehingga perlu adanya penelitian
tentang pengaruh faktor hambatan samping terhadap volume lalu lintas pada ruas
jalan Dr. Gumbreg Purwokerto. Penelitian ini diharapkan bisa mengetahui
pengaruh kejadian hambatan samping terhadap volume lalu lintas serta derajat
kejeuhan pada ruas jalan untuk kondisi eksisting. Metode penelitian ini dilakukan
dengan survei volume lalu lintas dan kejadian hambatan samping selama 3 hari
dengan pembagian waktu pada pagi, siang dan sore hari dengan interval waktu 15
menit selama 2 jam. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan metode
regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dari analisis data, kapasitas
1930,095 smp/jam dengan volume puncak sebesar 1206,95 smp/jam serta derajat
kejenuhan sebesar 0,625. Dari analisis data dengan menggunakan metode regresi
linear berganda pada hari Senin didapat persamaan Y = 106,236 – 0,103X1 –
0,508X2 + 0,786X3 + 3,372X4 dengan R² sebesar 0,806. Pejalan Kaki (X1)
memberikan pengaruh sebesar 0,5%, kendaraan berhenti atau parkir (X2) sebesar
0,6%, kendaraan keluar masuk (X3) sebesar 48,8%, kendaraan tak bermotor (X4)
sebesar 6,2% terhadap volume lalu lintas (Y). Faktor utama yang mempengaruhi
volume lalu lintas adalah kendaraan parkir dan berhenti dengan nilai rata – rata
sebesar 18,6% sampai dengan 28,9%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Sulfah Anjarwati, S.T., M.T., dan M. Agus Salim Al Fathoni, S.T., M.T., |
Uncontrolled Keywords: | Volume Lalu Lintas, Hambatan Samping, Regresi Linear Berganda |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Tekniik Dan Sains > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 02:30 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:52 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |