ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN GURU, SISWA DAN PENJAGA SEKOLAH PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENON KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

STEVANI, DEBY (2019) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA TUTURAN GURU, SISWA DAN PENJAGA SEKOLAH PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENON KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (981kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru, Siswa dan Penjaga Sekolah pada Kegiatan Pembelajaran di SD Negeri 1 Senon Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2018-2019 bertujuan untuk mendeskripsikan terjadinya alih kode dan campur kode pada percakapan guru, siswa dan penjaga sekolah dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan guru, siswa dan penjaga sekolah pada kegiatan pembelajaran di SD Negeri 1 Senon Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 guru 18 siswa dan 1 penjaga sekolah yang berinteraksi pada kegiatan pembelajaran di SD Negeri 1 Senon Kecamatan Kemangkon Purbalingga tahun ajaran 2018-2019. Metode penyediaan data berupa metode simak dengan teknik rekam atau video. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap, dengan diikuti oleh teknik teknik lanjutan, yaitu simak bebas libat cakap. Pada tahap analisis data digunakan metode agih dengan teknik dasar BUL (Bagi Unsur Langsung) dan teknik lanjutan teknik ganti. Pada metode padan menggunakan teknik dasar PUP (Pilah Unsur Penentu) dan teknik lanjut HBS (Hubung Banding Menyamakan). Tahap penyajian hasil analisis data menggunakan penyajian informal dan formal. Dari hasil analisis, ditemukan wujud dan faktor alih kode dan campur kode pada tuturan guru, siswa dan penjaga sekolah pada kegiatan sebagai berikut : bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia, bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa, bahasa Indonesia baku ke tidak baku dan tingkat tutur. Wujud campur kode : penyisipan unsur-unsur yang berwujud kata, frase, pengulangan, dan klausa. Faktor penyebab wujud alih kode dan campur kode yang ditemukan pada tuturan guru, siswa dan penjaga sekolah pada kegiatan pembelajaran di SD Negeri 1 Senon Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2018-2019. Faktor penyebab alih kode meliputi: penutur, pendengar atau lawan tutur, pokok pembicaraan atau topik. Sementara faktor penyebab campur kode pada tuturan guru dan siswa meliputi: identifikasi peran, identifikasi ragam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Tutut Tugiati, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Alih Kode, Campur Kode, Tuturan Guru, Siswa dan Penjaga Sekolah
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 15 Aug 2019 01:46
Last Modified: 15 Aug 2019 01:46
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item