PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA MUHAMMADIYAH SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

FADILLAH, NUR WITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA MUHAMMADIYAH SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode group investigation terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Sokaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu yang melibatkan 2 kelompok, yaitu satu kelompok sebagai kelompok eksperimen (percobaan) dan satu kelompok sebagai kelompok kontrol ( pembanding). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen adalah nonequivalen crontrol group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS yang ada di SMA Muhammadiyah sokaraja tahun ajaran 2018 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 44 siswa. Pada desain ini kelompok eksperimen dan kontrol tidak di pilih secara random. Penelitian ini menggunakan dua kelas yanitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan empat kali pertemuan. Persentase ketuntasan hasil belajar yang di peroleh siswa pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 70% dan 75% dengan nilai rata – rata kelas eksperimen adalah 75.18%, sedangkan kelas kontrol sebesar 70.91%. Data yang diperoleh dari hasil analisis diperoleh t hitung t tabel yaitu 0.2385 0.2080. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode group investigation terdapat hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr Sigid Sriwanto, M.Si dan Suwarsito,Spi,M.Si
Uncontrolled Keywords: metode group investigasi, hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi, teknik dasar peta dan pemetaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:33
Last Modified: 07 Aug 2019 03:33
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item