PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI 3 BANTERAN

ARIFIN, NUR (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI 3 BANTERAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Perkembangan globalisasi memberikan dampak positif dan negatif pada pelajar sekolah. Salah satu dampak negatif yang paling sering terjadi adalah hilangnya norma kedisiplinan dalam diri siswa. SD Negeri 3 Banteran adalah salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter disiplin dengan baik terutama pada kelas V. Penelitian ini sangat penting untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter disiplin di SD Negeri 3 Banteran khusunya pada kelas V. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis yang diterapkan adalah model interaktif Miles and Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter disiplin di kelas V SD Negeri 3 Banteran sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dilihat dari siswa yang tertib tepat waktu, tertib administrasi siswa, adanya tata tertib sekolah dan tata tertib kelas, disiplin dalam pelaksanaan piket kelas, disiplin menjaga fasilitas sekolah, disiplin dalam berpakaian dan disiplin dalam pembelajaran serta pembinaan siswa yang belum disiplin dan memberikan penghargaan pada siswa yang telah disiplin. Faktor yang mendukung kedisiplinan siswa di sekolah antara lain adanya tata tertib sekolah dan tata tertib kelas, guru yang memperhatikan siswa dan peran aktif orang tua dalam mengawasi perkembangan siswa. Sedangkan faktor yang menghambat kedisiplinan siswa di sekolah antara lain adanya orang tua yang kurang memperhatikan siswa dan dampak negatif dari globalisasi. Guru juga menjelaskan salah satu solusi dengan adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan pihak keluarga siswa agar bersama-sama mengawasi dan menumbuhkan karakter disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, karakter disiplin, faktor pendudukng, faktor penghambat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:16
Last Modified: 07 Aug 2019 03:16
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item