APRIATIN, ILA AYU (2018) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BUMI MELALUI PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI KELAS V SD NEGERI 1 KLAHANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
ILA AYU APRIATIN_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ILA AYU APRIATIN_BAB I.pdf Download (755kB) | Preview |
Preview |
Text
ILA AYU APRIATIN_BAB II.pdf Download (877kB) | Preview |
![]() |
Text
ILA AYU APRIATIN_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
![]() |
Text
ILA AYU APRIATIN_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ILA AYU APRIATIN_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
Preview |
Text
ILA AYU APRIATIN_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (763kB) | Preview |
![]() |
Text
ILA AYU APRIATIN_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya percaya diri dan prestasi
belajar siswa di kelas SD Negeri 1 Klahang. Siswa belum mampu menunjukkan
sikap percaya dirinya pada saat proses pembelajaran berlangsung selama di kelas.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi melalui model artikulasi. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Klahang yang berjumlah 27 siswa yang
terdiri dari 11 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari 2
siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini menggunakan
teknik tes dan nontes. Data percaya diri siswa diperoleh pada observasi percaya
diri yang diamati setiap pertemuan dan skala sikap percaya diri yang diberikan
kepada siswa pada setiap akhir siklus, sedangkan prestasi belajar diperoleh dari
tes evaluasi yang diberikan setiap pertemuan. Berdasarkan penelitian tersebut
diperoleh nilai rata-rata observasi percaya diri pada siklus I sebesar 2,36 dengan
kriteria kurang kemudian meningkat pada siklus II sebesar 2,90 dengan kriteria
baik, sedangkan nilai rata-rata skala sikap percaya diri pada siklus I sebesar 2,48
dengan kriteria kurang kemudian meningkat pada siklus II sebesar 3,02 dengan
kriteria baik. Prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I 70,82
dengan ketuntasan 66% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,18 dengan
ketuntasan 85,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model artikulasi dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi struktur bumi di kelas V SD Negeri
1 Klahang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing : Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., & Arifin Muslim, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Percaya Diri, Prestasi Belajar, IPA, Model Artikulasi ix |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Amri Hariri |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 01:11 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 01:34 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |