APRIYANINGSIH, WINDA (2018) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TEMA 9 DI KELAS IV MIM PATIKRAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_COVER.pdf]
Preview
Text
WINDA APRIYANINGSIH_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_BAB I.pdf]
Preview
Text
WINDA APRIYANINGSIH_BAB I.pdf

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_BAB II.pdf]
Preview
Text
WINDA APRIYANINGSIH_BAB II.pdf

Download (814kB) | Preview
[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_BAB III.pdf] Text
WINDA APRIYANINGSIH_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_BAB IV.pdf] Text
WINDA APRIYANINGSIH_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_BAB V.pdf] Text
WINDA APRIYANINGSIH_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
WINDA APRIYANINGSIH_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of WINDA APRIYANINGSIH_LAMPIRAN.pdf] Text
WINDA APRIYANINGSIH_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan
keterampilan berbicara siswa pada tema 9 menggunakan model think pair share.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei tahun
ajaran 2017/2018. Peneliti berkolaborasi bersama guru dan teman sejawat.
Presedur penelitian ini merujuk pada model Kemmis & Mc. Taggart yang
meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV SD MIM Patikraja sebanyak 24 dari 12 siswa
laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar
penilaian observasi aktivitas guru dan sikap tanggung jawab siswa, lembar unjuk
kerja, serta kuisoner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan sikap tanggung jawab siswa pada siklus I yaitu diperoleh nilai 2,47
dengan kriteria cukup dan pada siklus II hasilnya meningkat menjadi 3,1 dengan
kriteria baik. Keterampilan berbicara siswa juga mengalami peningkatan dengan
nilai rata-rata siklus I 56,56 dengan persentase 37,49%. Siklus II diperoleh nilai
rata-rata 63,64 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 75%. Hasil
tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 75%. Peningkatan
persentase keterampilan berbicara siswa dibuktikan dengan selisih persentase dari
siklus I ke siklus II yakni 37,51%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa melalui penerapan model pembelajaran model think pair share pada materi
sifat-sifat cahaya berhasil meningkatkan sikap tanggung jawab dan keterampilan
berbicara siswa di kelas IV MIM Patikraja.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Pamujo,M.M, M.Pd. dan Lia Mareza, S.Sn., M.A.
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, sikap tanggung jawab, think pair share (TPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 26 Jul 2019 01:18
Last Modified: 11 Jun 2024 02:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item