AMALIAH, LUTHFIASIH (2018) ANALISIS KELAYAKAN BUKU GURU DENGAN BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS IV TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA SUMBER ENERGI DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_BAB I.pdf Download (729kB) | Preview |
Preview |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_BAB II.pdf Download (825kB) | Preview |
![]() |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
![]() |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
Preview |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (835kB) | Preview |
![]() |
Text
FIRMAN MAHA KUSUMA RIZKI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan kurikulum 2013 dilakukan untuk perbaikan kualitas pendidikan dan menjawab tantangan zaman yang terus berubah agar peserta didik mampu bersaing di masa depan. Buku guru dan buku siswa dipersiapkan pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Wawancara awal dengan guru kelas IV menyatakan bahwa buku guru dan buku siswa masih memiliki kekurangan khususnya pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kelayakan buku guru dengan buku siswa meliputi aspek kelayakan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, kelayakan kegiatan pembelajaran, dan keseuaian penilaian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang dilakukan pada kondisi alamiah, peneliti sebagai kunci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen, yaitu buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 kelas IV tema Selalu Berhemat Energi subtema Sumber Energi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan member check dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan data. Teknik analisis yang digunakan adalah metode Content Analysis atau kajian isi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) buku guru dengan buku siswa sesuai. 2) Kegiatan pembelajaran buku guru dengan buku siswa kurang sesuai. 3) Penilaian autentik buku guru dengan buku siswa sesuai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa buku guru dengan buku siswa kelas IV tema Selalu Berhemat Energi subtema Sumber Energi cukup sesuai digunakan dalam pembelajaran.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Cicih Wiarsih, M.Pd., & Okto Wijayanti, S,Pd. M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kelayakan, Buku Guru, dan Buku Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Amri Hariri |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 02:43 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:23 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |