APRILIA, DIANTI HAJI (2018) STUDI DESKRIPTIF PERAN POJOK BACA TERHADAP PENANAMAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI 2 PURBALINGGA LOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_BAB I.pdf Download (673kB) | Preview |
Preview |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_BAB II.pdf Download (781kB) | Preview |
![]() |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
![]() |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
Preview |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (751kB) | Preview |
![]() |
Text
DIANTI HAJI APRILIA_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penerapan Program pojok baca merupakan suatu upaya dalam menanamkan karakter berpikir kritis siswa sebagai implementasi program penguatan pendidikan karakter siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pojok baca terhadap penanaman berpikir kritis, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan penerapan program pojok baca terhadap penanaman berpikir kritis siswa sebagai implementasi program penguatan pendidikan karakter di SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari Kepala sekolah, guru, dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa program pojok baca berperan terhadap penanaman berpikir kritis siswa sebagai implementasi program penguatan pendidikan karakter. Pelaksanaan penerapan program pojok baca yang menunjukkan berpikir kritis yaitu pada saat siswa mampu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, mengatur strategi dan taktik. Faktor pendukung dalam penerapan program pojok baca terhadap penanaman berpikir kritis siswa sebagai implementasi program penguatan pendidikan karakter yaitu adanya peran guru, minat siswa, sarana prasarana, dan orang tua. faktor penghambat dari penerapan program pojok baca tersebut yaitu kurangnya minat membaca, kesulitan membaca, sarana prasarana kurang memadai.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Sriyanto, M.Pd., & Dr. Ana Andriani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kitis, pojok baca, Program Penguatan Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Amri Hariri |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 01:44 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 01:41 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |