STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR

AWALLIA, LINA (2018) STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LINA AWALLIA_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LINA AWALLIA_BAB I.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LINA AWALLIA_BAB II.pdf

Download (967kB) | Preview
[img] Text
LINA AWALLIA_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
LINA AWALLIA_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LINA AWALLIA_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img]
Preview
Text
LINA AWALLIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
LINA AWALLIA_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan peserta didik belajar. Diperlukan strategi yang dapat digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas 1 sekolah dasar. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari guru kelas 1 sekolah dasar yang berasal dari SD N 1 Kalibenda, SD N 1 Sigaluh, dan SD N 2 Gembongan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu model miles dan huberman dengan menggunakan analisis data interactive model. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi menciptakan pembelajaran menyenangkan di kelas 1 sekolah dasar yang di gunakan oleh guru di bagi kedalam tiga bagian, yaitu 1) Persiapan pembelajaran, 2) Pelaksanaan Pembelajaran dan 3) Pengelolaan Pembelajaran. Faktor pendukung terciptanya pembelajaran menyenangkan terdiri dari Kreativitas guru dan keterampilan guru dalam menggunakan alat peraga yang ada. Faktor penghambat terciptanya pembelajaran menyenangkan terdiri dari peserta didik dan alat peraga yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., & Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Menyenangkan, Faktor Pembelajaran Menyenangkan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 20 Jul 2019 04:06
Last Modified: 20 Jul 2019 04:06
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item