ANGGITA, WAHYU NOOR (2018) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI TANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DI KELAS V A. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_BAB I.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_BAB II.pdf Download (895kB) | Preview |
|
![]() |
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
|
![]() |
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
|
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (609kB) | Preview |
|
![]() |
Text
WAHYU NOOR ANGGITA_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi dan prestasi belajar IPA kelas V A SD Negeri 1 Dukuhwaluh. Siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran di kelas dan mudah lupa dengan materi pembelajaran yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya. Guru berupaya untuk menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) agar tercipta suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar IPA materi tanah melalui model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) di kelas V A. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa sedangkan non tes digunakan untuk mengukur partisipasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa partisipasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID). Hasil rata-rata partisipasi siswa pada siklus I adalah 3,2 yang meningkat menjadi 3,5, sedangkan ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 65% yang kemudian meningkat menjadi 80%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd. & Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, prestasi belajar IPA, model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Amri Hariri, SIP. |
Date Deposited: | 20 Jul 2019 03:07 |
Last Modified: | 20 Jul 2019 03:07 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |