ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN CABAI RAWIT DI KABUPATEN BANYUMAS

ARIS B, M TEGUH IMAN (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN CABAI RAWIT DI KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman cabai rawit adalah tumbuhan perdu dari family terong-terongan (solanaceae) anggota genus capsicum yang memiliki nama capsicum sp. Tanaman ini termasuk salah satu komoditi sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi karena peranannya yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan domestik sebagai komoditi ekspor dan industri pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perilaku konsumen terhadap permintaan cabai rawit di Kabupaten Banyumas, (2) Proses pengambilan keputusan dalam pembelian cabai rawit di Kabupaten Banyumas, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap permintaan cabai rawit di Kabupaten Banyumas. Sejalan dengan tujuan penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 responden dimana 68 responden ibu rumah tangga dan 28 responden pedagang kuliner. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Perilaku konsumen cabai rawit di Kabupaten Banyumas tidak memiliki perbedaan antara konsumen satu dengan yang lainnya yaitu rata-rata kebutuhan cabai rawit oleh konsumen sebanyak kurang lebih 0,25 Kg dengan jumlah pembelian antara 3 sampai 7 kali dalam sebulan. Persediaan yang dilakukan oleh konsumen sebanyak 0,14 Kg sampai 0,25 Kg dan bisa bertahan 3 sampai 5 hari. Daya tahan konsumen tidak mengkonsumsi cabai rawit antara 1 sampai 7 hari. (2) Konsumen melakukan pembelian cabai rawit untuk kebutuhan sehari-hari yang digunakan sebagai bahan tambahan memasak. Konsumen lebih berinisiatif sendiri datang ke pasar untuk membeli cabai rawit. Dalam pembeliannya konsumen lebih mempertimbangkan faktor kebutuhan dibandingkan faktor harga maupun kemudahan dalam memperoleh cabai rawit itu sendiri. Konsumen lebih terdorong oleh diri sendiri untuk membeli cabai rawit, sehingga akan menciptakan kepuasan tersendiri setelah mengkonsumsi cabai rawit. (3) Dari analisis regresi linier berganda bahwa faktor harga, pendapatan, umur, produk, pribadi dan pendidikan secara nyata mempengaruhi perilaku konsumen dan secara parsial faktor harga, produk dan pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan cabai rawit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Pujiharto, S.P., M.P. dan Yusuf Enril Fathurrohman, S.P., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Cabai Rawit, Analisis Faktor
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian dan Perikanan > Agribisnis S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:35
Last Modified: 04 Jul 2019 02:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item