MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS V SD NEGERI 2 KALIBAGOR

KURNIASIH, AGISTA DWI (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS V SD NEGERI 2 KALIBAGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AGISTA DWI KURNIASIH_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AGISTA DWI KURNIASIH_BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AGISTA DWI KURNIASIH_BAB II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
AGISTA DWI KURNIASIH_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
AGISTA DWI KURNIASIH_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AGISTA DWI KURNIASIH_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
AGISTA DWI KURNIASIH_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
AGISTA DWI KURNIASIH_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada kompetensi dasar mendeskripsikan struktur bumi melalui model Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SD Negeri 2 Kalibagor yang terdiri dari 33 siswa dengan 23 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini alat yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menggunakan soal evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus dan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah afektif adalah dengan menggunakan lembar penilaian afektif. Selain itu, untuk menilai aktivitas guru dan aktivitas siswa juga menggunakan lembar penilaian observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa untuk pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,69 dengan persentase 69,69% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 77,15 dengan persentase 84,84%. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar sebesar 2,84 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,27. Dengan demikian pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas VB SD Negeri 2 Kalibagor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi., M.Pd. dan Pratik Hari Yuwono, M.A
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Think Talk Write (TTW); IPA;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 29 Jun 2019 03:42
Last Modified: 29 Jun 2019 03:42
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8713

Actions (login required)

View Item View Item