BIOGRAFI H. ALI MISNO : RIWAYAT HIDUP DAN PERJUANGANNYA DI DESA KLAPAGADING KULON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 1963 - 2015

HARTANTI, MONIKA YULI (2016) BIOGRAFI H. ALI MISNO : RIWAYAT HIDUP DAN PERJUANGANNYA DI DESA KLAPAGADING KULON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 1963 - 2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text
BAB III_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB IV_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB V_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_MONIKA YULI HARTANTI_SEJARAH'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Biografi H Ali Misno : Riwayat Hidup dan Perjuangannya di Desa Klapagading Kulon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun 1963 – 2015”, ini memiliki tujuan untuk 1) Mengungkap profil dan latar belakang riwayat kehidupan dari sang tokoh (H Ali Misno). 2) Mengungkap peran dari H Ali Misno dalam bidang kesehatan jiwa, 3) Mengungkap peran H Ali Misno dalam bidang keagamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang meliputi 4 langkah penelitian yaitu 1) Heuristik, pengumpulan sumber dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, 2) Kritik, pengkajian sumber terbagi menjadi dua, kritik ekstern (mengkaji keontetikan sumber), dan kritik intern (mencari kredibilitas isi sumber), 3) Interpretasi terhadap data tersebut, dan 4) Historiografi atau penulisan sejarah. Hasil penelitian ini adalah 1) H Ali Misno berasal dari keluarga sederhana yang taat beragama. Karena ketaatannya ia kemudian belajar ke pondok untuk mendalami ilmu agama dan mempelajari ilmu beladiri. 2) Peran H Ali Misno dalam dunia pengobatan jiwa mengalami proses yang cukup panjang, berawal dari rasa ingin tahunya yang tinggi ia kemudian tertarik untuk mempelajari ilmu pengobatan jiwa lalu kemudian mempraktikannya kepada pasien gangguan jiwa hingga ia berhasil mendirikan Yayasan Pondok Lali Jiwa Raga. 3) H Ali Misno tidak hanya berperan penting dalam dunia pengobatan jiwa saja, ia juga melebarkan sayapnya dengan menjadi anggota organisasi keagamaan, menjadi pengurus Majelis Ulama Indonesia kecamatan Wangon, dan memperoleh penghargaan dari Rotary Club Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kartono, M.Si., dan Asep Daud Kosasih, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Biografi Tokoh, Sejarah Lokal
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 25 Feb 2017 09:05
Last Modified: 25 Feb 2017 09:05
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item