DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN

ALBAB, NOVITA ULLIL (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Novita Ullil Albab COVER.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Novita Ullil Albab BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Novita Ullil Albab BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
Novita Ullil Albab BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Novita Ullil Albab BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Novita Ullil Albab BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
Novita Ullil Albab DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
Novita Ullil Albab LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis dan aktualisasi diri siswa di SMP Ma‟arif NU Paguyangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VII B. Siswa dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu siswa prestasi rendah, sedang, dan tinggi. Masing-masing kelompok dipilih 2 responden. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kategori prestasi tinggi mampu menguasai ketiga indikator berpikir kreatif, yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Mereka merupakan pribadi yang otonom, kreatif, spontan dan demokratis, memiliki minat dan hubungan sosial yang baik, fokus terhadap masalah, serta mau mengapresiasi dan terbuka terhadap pengalaman. Siswa prestasi sedang mampu menguasai indikator kefasihan dan fleksibilitas. Mereka merupakan pribadi yang percaya diri, fokus terhadap masalah, mau mengapresiasi dan terbuka terhadap pengalaman, tetapi memiliki minat dan hubungan sosial yang kurang maksimal, takut mencoba hal-hal yang baru, dan kurang demokratis. Siswa prestasi rendah tidak mampu menguasai satupun indikator berpikir kreatif matematis. Mereka juga kurang percaya diri, kurang bersifat otonom, kurang mandiri, mudah putus asa, memiliki minat dan hubungan sosial yang kurang baik, kurang demokratis dan kurang fokus terhadap masalah, serta kurang mengapresiasi dan terbuka pada pengalaman.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Dr. Akhmad Jazuli, M.Si 2. Eka Setyaningsih, M.Si
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif matematis, aktualisasi diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Roni Purwantoro
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:13
Last Modified: 16 Jan 2019 07:13
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item