RINI, LAMONICA SHASHA (2018) PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA TAHAP PEMBIASAAN DI SMP NEGERI 4 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
LAMONICA SHASHA RINI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMONICA SHASHA RINI BAB I.pdf Download (668kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMONICA SHASHA RINI BAB II.pdf Download (721kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMONICA SHASHA RINI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
![]() |
Text
LAMONICA SHASHA RINI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMONICA SHASHA RINI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
Preview |
Text
LAMONICA SHASHA RINI DAPUS.pdf Download (595kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMONICA SHASHA RINI LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah yang diterapkan di SMP Negeri 4 Purbalingga khususnya di tahap pertama yaitu tahap pembiasaan serta kendala dalam menerapkannya.
Jenis Penelitian penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap penerapan gerakan literasi sekolah (GLS) pada tahap pembiasaan di SMP Negeri 4 Purbalingga tahun 2017/2018, dapat disimpulkan tiga point pembahasan diantaranya: 1) penerapan gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan dibagi menjadi lima yaitu (a) pendahuluan, (b) latar belakang sejarah, (c) pelaksanaan dan tujuan, (d) bentuk kegiatan, dan (e) evaluasi dan tindak lanjut dari gerakan literasi sekolah, 2) kegiatan dan indikator ketercapaian, disini terdapat lima fokus kegiatan adalah kegiatan 15 menit membaca, jurnal membaca harian, penataan sarana literasi, menciptakan lingkungan kaya teks, dan memilih buku bacaan, serta sepuluh indikator yang sudah diterapkan pada tahap pembiasaan, 3) faktor-faktor dalam penerapan literasi, di antaranya: (a) faktor pendukung kegiatan literasi di SMP Negeri 4 Purbalingga: sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang tenang, damai, serta kemauan siswa dengan adanya motivasi yang tinggi, (b) faktor penghambat kegiatan literasi di SMP Negeri 4 Purbalingga: faktor dari peserta didik yang kurang motivasi untuk membaca, pendidik yang terlambat masuk kelas pada saat literasi dimulai, serta kegiatan mendadak yang mengakibatkan literasi diliburkan.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Makhful, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Gerakan literasi sekolah, Tahap pembiasaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 29 Nov 2018 04:22 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 08:07 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |