FAUZIYAH, NURUL (2018) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DAN PROBLEMATIKANYA (Studi Kasus pada Kelas VIII MTs Al-Hidayah Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2017/2018). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of NURUL FAUZIYAH COVER.pdf]
Preview
Text
NURUL FAUZIYAH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of NURUL FAUZIYAH BAB I.pdf]
Preview
Text
NURUL FAUZIYAH BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of NURUL FAUZIYAH BAB II.pdf]
Preview
Text
NURUL FAUZIYAH BAB II.pdf

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of NURUL FAUZIYAH BAB III.pdf] Text
NURUL FAUZIYAH BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[thumbnail of NURUL FAUZIYAH BAB IV.pdf] Text
NURUL FAUZIYAH BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[thumbnail of NURUL FAUZIYAH BAB V.pdf] Text
NURUL FAUZIYAH BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[thumbnail of NURUL FAUZIYAH DAPUS.pdf]
Preview
Text
NURUL FAUZIYAH DAPUS.pdf

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of NURUL FAUZIYAH LAMPIRAN.pdf] Text
NURUL FAUZIYAH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Kelas VIII MTs Al-Hidayah Purwasaba, serta upaya guru dan sekolah dalam mengatasi problematika tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Hidayah Purwasaba terjadi karena dua faktor yakni faktor internal dan faktor institusional. Faktor internal meliputi peserta didik dan pendidik diantaranya kondisi siswa yang heterogen, sikap belajar yang kurang baik, konsentrasi belajar, kurangnya motivasi belajar, rendahnya rasa percaya diri siswa, kebiasaan belajar yang kurang baik, penggunaan metode pembelajaran yang cenderug monoton serta kesibukan pendidik diluar mengajar. Faktor institusional meliputi kurikulum yakni alokasi waktu yang sedikit dan sarana prasarana yakni ketersediaan buku-buku rujukan SKI di sekolah
Upaya yang dilakukan guru dan sekolah dalam mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII adalah mencari referensi dari internet atau buku rujukan diluar sekolah, mengusahakan penggunaan media dan metode yang beragam, berusaha melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. A. Sulaeman, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Problematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:55
Last Modified: 16 Nov 2018 00:55
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item View Item