AGUSTININGRUM, - (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA DI KELAS IV SD N 2 BROBOT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
AGUSTININGRUM COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
AGUSTININGRUM BAB I.pdf Download (600kB) | Preview |
Preview |
Text
AGUSTININGRUM BAB II.pdf Download (715kB) | Preview |
![]() |
Text
AGUSTININGRUM BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
![]() |
Text
AGUSTININGRUM BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
AGUSTININGRUM BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
Preview |
Text
AGUSTININGRUM DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (585kB) | Preview |
![]() |
Text
AGUSTININGRUM LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya sikap ilmiah dan prestasi
belajar IPA di kelas IV SD N 2 Brobot. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
sikap ilmiah dan prestasi belajar materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya
melalui penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE).
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan secara kolaboratif anatara peneliti dan guru kelas IV SD N 2 Brobot.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD
N 2 Brobot yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 15 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi,
dokumentasi, dan angket. Data sikap ilmiah diperoleh dari angket sikap ilmiah,
prestasi belajar IPA diperoleh dari hasil tes evaluasi, sedangkan aktivitas guru dan
siswa diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sikap
ilmiah siswa pada siiklus I diperoleh rata-rata 2,49 yang termasuk dalam kriteria
cukup, meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 3,20 yang termasuk dalam
kriteria baik. Hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar
mencapai 56% dengan rata-rata 61,39 yang berkriteria cukup. Hasil meningkat
pada siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 86%, rata-rata 83 dengan
berkriteria baik. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat
meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas IV SD N 2 Brobot
materi Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Badarudin, M. Pd, dan Tri Yuliansyah Bintaro M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Model Predict Observe Explaian (POE) ; Prestasi Belajar; Sikap; Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 08 Nov 2018 02:51 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:24 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/8022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |