APRIANNINGRUM, BRILLIAN (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SAMPANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
BRILLIAN BAB I.pdf Download (782kB) | Preview |
Preview |
Text
BRILLIAN BAB I.pdf Download (782kB) | Preview |
Preview |
Text
BRILLIAN BAB II.pdf Download (888kB) | Preview |
![]() |
Text
BRILLIAN BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) |
![]() |
Text
BRILLIAN BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BRILLIAN BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
Preview |
Text
BRILLIAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (668kB) | Preview |
![]() |
Text
BRILLIAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kedisiplinan dan prestasi
belajar IPA di kelas IV SDN 3 Sampang. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar IPA materi sumber daya alam
pada siswa kelas IV SDN 3 Sampang Kecamatan Sempor menggunakan metode
pembelajaran Index Card Match. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN 3 Sampang Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen
sejumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa
perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes,
angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penggunaan Metode Index Card Match dapat meningkatkan kedisiplinan dan
prestasi belajar IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN 3
Sampang. Persentase ketuntasan kedisiplinan belajar siswa pada pra siklus hanya
18,8% atau 6 siswa, setelah dilakukan tindakan pada siklus I persentase siswa
yang tuntas menjadi 53,1% atau 17 siswa. Setelah dilakukan tindakan pada siklus
II, ketuntasan kedisiplinan belajar siswa kembali meningkat menjadi 90,6% atau
29 siswa sudah tuntas dari total keseluruhan 32 siswa. Pada kondisi awal
persentase ketuntasan prestasi belajar siswa baru 59,4% atau hanya 19 siswa yang
tuntas, setelah dilakukan tindakan pada siklus I, ketuntasan belajar siswa
meningkat menjadi 78,1% atau 25 siswa sudah tuntas. Pada siklus II ketuntasan
prestasi belajar siswa kembali meningkat menjadi 90,6% atau 29 siswa sudah
tuntas dari total keseluruhan 32 siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi
belajar IPA materi sumber daya alam kelas IV SDN 3 Sampang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Sri Muryaningsih, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match; IPA; Kedisiplinan; Prestasi Belajar; |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 02 Nov 2018 01:53 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:56 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |