AZIZAH, NOVICA DIMAR (2018) ANALISIS PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI KEDONDONG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of NOVICA COVER.pdf]
Preview
Text
NOVICA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of NOVICA BAB I.pdf]
Preview
Text
NOVICA BAB I.pdf

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of NOVICA BAB II.pdf]
Preview
Text
NOVICA BAB II.pdf

Download (806kB) | Preview
[thumbnail of NOVICA BAB III.pdf] Text
NOVICA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of NOVICA BAB IV.pdf] Text
NOVICA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of NOVICA BAB V.pdf] Text
NOVICA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of NOVICA DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NOVICA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of NOVICA LAMPIRAN.pdf] Text
NOVICA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)

Abstract

Analisis penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Kedondong
dilaksanakan berdasarkan indikator-indikator pendidikan karakter peduli lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kurikulum sekolah,
proses penanaman dalam pembelajaran, implementasi, faktor pendukung, dan faktor
penghambat dalam penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan. Fokus
penelitian ini pada indikator-indikator yang harus dicapai sekolah dan peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber utama
penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas II, guru kelas V, peserta didik kelas II
dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik
triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan
dilaksanakan berdasarkan kurikulum sekolah pada kegiatan rutin, kegiatan spontan,
keteladanan, dan pengkondisian; proses penanaman pendidikan melalui kegiatan
pembelajaran di kelas dan lingkungan sekolah; implementasi karakter peduli
lingkungan dapat dilihat dari delapan indikator yang telah dicapai sekolah, enam
indikator yang telah dilaksanakan peserta didik kelas rendah dan kelas tinggi.
Peneliti juga menemukan faktor pendukung penanaman pendidikan karakter peduli
lingkungan di sekolah yaitu sarana dan prasarana serta peran lingkungan sekolah.
Selain itu, terdapat faktor penghambat di antaranya kendala waktu pelaksanaan yang
belum berjalan secara maksimal dan kurangnya pemberian penghargaan bagi peserta
didik yang telah peduli terhadap lingkungan.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M.Pd., dan Arifin Muslim, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; peduli lingkungan;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 26 Oct 2018 03:33
Last Modified: 13 Jun 2024 07:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7960

Actions (login required)

View Item View Item