ANAM, CHOIRIL (2018) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP GUNUNG JATI KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Download (694kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Download (750kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) |
![]() |
Text
BAB IV_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
![]() |
Text
BAB V_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Download (689kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_CHOIRIL ANAM_MATEMATIKA'18.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan yang
berhubungan dengan kreativitas yang dapat diartikan sebagai cara berpikir untuk
mengubah atau mengembangkan suatu permasalahan, melihat situasi atau
permasalahan dari sisi yang berbeda, terbuka pada berbagai ide dan gagasan bahkan
yang tidak umum. Berkaitan dengan hal tersebut, maka seorang guru harus
mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sehingga dapat merencanakan
pembelajaran dan bahan ajar yang sesuai dengan profil kemampuan siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII A
SMP Gunung Jati Kembaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang
bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam
menyelesaikan soal persamaan linier dua variabel dan persamaan garis lurus. Subyek
dalam penelitian adalah enam siswa, masing-masing dua subyek berkemampuan
matematika tinggi, dua subyek berkemampuan matematika sedang dan dua subyek
berkemampuan matematika rendah. Temuan pada penelitian ini adalah kemampuan
berpikir kreatif subyek matematika tinggi dalam memecahkan masalah persamaan
linier dua variabel dan persamaan garis lurus satu subyek memenuhi semua aspek
yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan satunya hanya memenuhi dua aspek
kelancaran dan keaslian. Kemampuan berpikir kreatif subyek kemampuan
matematika sedang hanya memenuhi dua aspek kelancaran dan keaslian. Kemampuan
berpikir kreatif subyek kemampuan matematika rendah hanya memenuhi satu aspek
keaslian. Hasil ini menunjukan adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa
dalam memecahkan masalah matematika. Tulisan ini diharapkan dapat memberi
sumbangan pengetahuan bagi guru tentang kemampuan berpikir kreatif siswa dalam
menyelesaikan masalah matematika terutama materi persamaan linier dua variabel
dan persamaan garis lurus, dan bagi siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif matematis.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Persamaan Linier Dua Variabel, Persamaan Garis Lurus |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 00:31 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:18 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |