MURNIATUN, HIKMAH (2018) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN UMAT PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Download (719kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Download (750kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
![]() |
Text
BAB IV_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
![]() |
Text
BAB V_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Download (720kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_HIKMAH MURNIATUN_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum
dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Islam
Terpadu Harapan Umat Purbalingga.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian
yang menghasilkan data deskriptif berupa kaa-kata tertulis atau lisan dari
orang-orang dan perilaku yang bisa diamati. Dalam pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data
terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dengan
langkah analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen kurikulum Sekolah Dasar
Islam Terpadu Harapan Umat Purbalingga berperan dalam upaya
mningkatkan kualitas pendidikan melalui tahap sebagai berikut: (1)
perencanaan, kurikulum direncanakan pada saat rapat kerja setiap awal
semester, (2) pengorganisasian, dilakukan dengan cara mengatur atau menata
unsur manusia dengan pembagian kegiatan secara merata sesuai dengan
tugas dan fungsinya. (3) pelaksanaan, kegiatan yang telah direncanakan sudah
sesuai dengan program pembelajaran yang telah dirancang sejak awal,
walaupun masih ada kendala dari fasilitas yang masih kurang, (4) evaluasi,
kegiatan evaluasi ini mencangkup empat segi yaitu segi kurikulum, segi guru,
segi sarana prasarana dan segi siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa
manajemen kurikulum yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu Harapan
Umat Purbalingga sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari output yang
dihasilkan melalui kegiatan manajemen kurikulum baik dari pihak sekolah,
guru, maupun siswanya. Dari pihak sekolah dilihat dari keteratutan dan
ketertiban administrasi sekolah, pihak guru dilihat dari peningkatan kinerja
guru dan pihak siswa dilihat dari prestasi akademik maupun non akademik
yang diperoleh.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. A. Sulaeman, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Kualitas Pendidikan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 00:11 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 06:30 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |