MAHMUDAH, WILDA NADLIFATUL (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII D DI SMP NEGERI 1 KARANGMONCOL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Download (609kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Download (766kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
![]() |
Text
BAB IV_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
![]() |
Text
BAB V_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Download (684kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_WILDA NADLIFATUL MAHMUDAH_PAI'18.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan
penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
dan Budi Pekerti kelas VII D semester II di SMP Negeri 1 Karangmoncol.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana penulis
menggambarkan data-data yang diperoleh untuk kemudian diwujudkan dalam
bentuk kalimat agar mudah dipahami oleh penulis maupun pembaca. Adapun
metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data yaitu metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh
data-data yang konkrit yang sesuai dengan kebutuhan penelitian yang
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmoncol.
Hasil penelitian implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Karangmonol
menerapkan penilaian autentik pada tiga kompetensi yaitu kompetensi sikap,
kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Langkah-langkah dalam
penerapan berupa perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan
penilaian, dan pelaporan penilaian. Teknik dan instrumen penilaian autentik pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu: (a) aspek sikap, teknik penilaian
jurnal instrumen yang digunakan untuk catatan guru. (b) aspek pengetahuan,
teknik tes tertulis instrumennya berupa soal uraian, teknik tes lisan instrumennya
berupa daftar pertanyaan, dan teknik penugasan instrumennya berupa pekerjaan
rumah. (c) aspek keterampilan, penilaian produk berupa cheklist dan penilaian
portofolio.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Daradjat, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 06:24 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:47 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |