PEMEROLEHAN FONEM DAN MAKNA BAHASA PADA ANAK USIA 3 DAN 5 TAHUN DI PAUD DIROOSATUL UULA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016-2017

AGUSTIN, YULI (2018) PEMEROLEHAN FONEM DAN MAKNA BAHASA PADA ANAK USIA 3 DAN 5 TAHUN DI PAUD DIROOSATUL UULA PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YULI AGUSTIN_PBSI'18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pemerolehan Fonem dan Makna Bahasa pada Anak Usia 3 dan 5 Tahun di PAUD Diroosatul Uula Purbalingga Tahun Pelajaran 2016-2017, bertujuan untuk mendeskripsikan dan membahas pemerolehan bahasa pada anak usia 3 dan 5 tahun yang meliputi fonologi dan semantik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitataif. Data pada penelitian ini berupa ujaran anak usia 3 (Ayu Nur Ramadhani) dan 5 (Mas‟udah Nur Isnaeni) tahun di PAUD Diroosatul Uula Purbalingga. Sumber data penelitian adalah anak usia 3 dan 5 tahun. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode simak, yang diawali dengan teknik sadap, dilanjutkan dengan teknik Simak Libat Cakap (SLC), Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dan metode agih. Adapun teknik dasar yang digunakan, yaitu teknik Pilah Unsur Penentu (teknik PUP), yang alat penentunya berupa daya pilah yang bersifat mental yang dimiliki oleh penelitinya. Daya pilah pada penelitian ini daya pilah referensial. Sedangkan teknik lanjutan dalam penelitian ini adalah teknik Hubungan Banding Menyamakan (teknik HBS) dan teknik Hubung Memperbedakan (teknik HBB). Teknik HBS dan teknik HBB ini, yaitu menyamakan dan membandingkan antara unsure penentu yang relevan dengan semua unsur yang ditentukan. Metode agih menggunakan teknik dasar, yaitu teknik bagi unsure langsung (BUL). Kerja analisisnya ialah membagi satuan lingual datanya menjadi beberapa bagian atau unsur yang dipandang sebagai bagian langsung yang membentuk satuan lingual yang dimaksud. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan penyajian formal (lambang fonetis dan []) dan informal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemerolehan fonologi meliputi pemerolehan vokal, konsonan, dan diftong. Pemerolehan semantik meliputi pemerolehan semantik pada anak usia tiga tahun yang terjadi pada tahap generalisasi berlebihan dan hipotesis generalisasi serta pemerolehan semantik pada anak usia lima tahun yang terjadi pada tahap generalisasai berlebihan dan generalisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Noorliana, M.Pd., dan Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: psikolinguistik, PAUD, pemerolehan bahasa, fonologi, dan semantik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 02 Mar 2018 00:53
Last Modified: 02 Mar 2018 00:53
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7489

Actions (login required)

View Item View Item