DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP NEGERI 2 SOKARAJA

KURNIASARI, DWI (2015) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP NEGERI 2 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DWI KURNIASIH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI KURNIASIH BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI KURNIASIH BAB II.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
DWI KURNIASIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
DWI KURNIASIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DWI KURNIASIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
DWI KURNIASIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
DWI KURNIASIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa ingin tahu siswa VII H SMP Negeri 2 Sokaraja tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau verifikasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII H. Dalam penelitian ini siswa dikelompokkan kedalam 3 kategori, yaitu kategori siswa prestasi rendah, siswa presatasi sedang dan siswa prestasi tinggi. Masing-masing kelompok dipilih 3 siswa untuk dijadikan responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa prestasi rendah secara umum hanya mampu berpikir orisinal. Siswa hanya memberikan jawaban kesimpulannya saja tanpa tau alasan mengambil kesimpulan tersebut. Rasa ingin tahunya sudah mulai berkembang, secara umum siswa sering bertanya tentang materi pelajaran matematika yang belum dipahami, berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah matematika yang dipelajari, berupaya untuk mencari masalah matematika yang lebih menantang, aktif dalam mencari informasi yang belum diketahui tentang pelajaran matematika. Siswa prestasi sedang secara umum juga hanya dapat berpikir orisinal. Siswa sudah dapat memberikan kesimpulan dan alasan yang benar. Rasa ingin tahunya sudah mulai berkembang, siswa cenderung sering bertanya tentang materi pelajaran matematika yang belum dipahami, berupaya mencari sumber belajar tentang konsep/masalah matematika yang dipelajari, berupaya untuk mencari masalah matematika yang lebih menantang, aktif dalam mencari informasi yang belum diketahui tentang pelajaran matematika. Siswa dengan prestasi tinggi sudah dapat berpikir flexibel, fluency, orisinal dan elaborasi serta sudah menunjukkan rasa ingin tahunya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Jazuli, M.Si., dan Erni Widiyastuti, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif matematis; rasa ingin tahu;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 11 Feb 2017 07:00
Last Modified: 11 Feb 2017 07:00
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item