FASTABIQ AL-KHOIR, MUHAMMAD FAUZI (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Cover.pdf]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab I.pdf]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab I.pdf

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab II.pdf]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab II.pdf

Download (971kB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab III.pdf] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab IV.pdf] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab V.pdf] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Daftar Pustaka.pdf

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Lampiran.pdf] Text
Muhammad Fauzi Fattabiq Al-Khoir Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penerapan media flip chart terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an
kelas VIII B di SMP Muhammadiyah Ajibarang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah Ajibarang yang
berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu
berupa observasi, angket (kusioner), dan dokumentasi. Metode analisis data
menggunakan analisis statistik dengan rumus “r” product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media flip chart dalam
mata pelajaran Al-Qur’an. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian “r”
product moment rxy sebesar 0,448. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan rtabel 5%
sebesar 0,355 sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,456. Dengan
demikian maka rxy > rtabel pada taraf signifikan 5% dan rxy < rtabel atau dengan kata
lain 0,448 > 0,355 dan 0,448 < 0,456. Dari hasil tersebut bisa dikatakan bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikan 5% sedangkan pada taraf signifikan
1% Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil tersebut selanjutnya diinterpretasikan
terhadap rxy sebesar 0,448 pada rentang nilai antara 0,40-0,70 berarti terdapat
korelasi antara X dan Y yang sedang atau cukup. Media flip chart mempunyai
pengaruh terhadap prestasi mata pelajaran Al-Qur’an yang relatif sedang atau
cukup.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Darojat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: media flip chart dan perstasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 03 Feb 2018 04:24
Last Modified: 22 Jul 2024 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item View Item