ANINGSIH, ANUGRAH (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Anugrah Aningsih Cover.pdf Download (911kB) | Preview |
Preview |
Text
Anugrah Aningsih Bab I.pdf Download (605kB) | Preview |
Preview |
Text
Anugrah Aningsih Bab II.pdf Download (679kB) | Preview |
![]() |
Text
Anugrah Aningsih Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
![]() |
Text
Anugrah Aningsih Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
![]() |
Text
Anugrah Aningsih Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
Preview |
Text
Anugrah Aningsih Daftar Pustaka.pdf Download (550kB) | Preview |
![]() |
Text
Anugrah Aningsih Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat
tinggi Pendidikan Agama Islam siswakelas X SMK Muhammadiyah 1
Purwokerto jika ditinjau dari prestasi belajar.
Jenis Penelitian penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMK Muhammadiyah Purwokerto.
Teknik yang digunakan yaitu cluster sampling, diperoleh kelas X AK 2 sebagai
sampel penelitian. Kemudian menggunakan teknik cluster sampling siswa
dikelompokan menjadi 3 kelompok yaitu siswa dengan kelompok prestasi belajar
tinggi, siswa dengan kelompok prestasi belajar sedang dan siswa dengan
kelompok prestasi belajar rendah. Masing-masing kelompok dipilih 3 responden
untuk menjelaskan kemampuan berpikir tigkat tinggi pendidikan agama Islam.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan
wawancara.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, 1) siswa kelompok prestasi belajar
tinggi berjumlah 6 siswa atau 22% mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi
Pendidikan Agama Islam dengan baik, yaitu sudah memguasai ketiga indikator
soal HOTS PAI. 2) siswa kelompok prestasi belajar sedang berjumlah 14 atau
52% mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi Pendidikan Agama Islam
dengan cukup baik, yaitu menguasai dua indikator soal HOTS PAI. 3) siswa
kelompok prestasi belajar rendah berjumlah 7 siswa atau 26% mempunyai
kemampuan berpikir tingkat tinggi Pendidikan Agam Islam yang kurang baik,
yaitu menguasai satu indikator soal HOTS PAI.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Anjar Nugroho, S.Ag. M.S.I., M.HI. |
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, kemampuan berpikir tingkat tinggi pendidikan agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 03 Feb 2018 04:03 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:07 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |