UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V PADA MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA DI SD NEGERI WIRADADI

RATNASARI, FENI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V PADA MATERI CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA DI SD NEGERI WIRADADI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FENI RATNASARI COVER.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FENI RATNASARI BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FENI RATNASARI BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
FENI RATNASARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
FENI RATNASARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FENI RATNASARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
FENI RATNASARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V pada materi contoh peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan daerah melalui metode demonstrasi menggunakan permainan ular tangga di SDN Wiradadi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wiradadi dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanankan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, 1 kali pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Untuk 2 jam pelajaran (2 x 35 menit) digunakan untuk menyampaikan materi, pengerjaan LKS dan tes individual atau evaluasi siswa.Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi baik lembar observasi aktivitas guru maupun lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian kedisiplinan siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 35,21 dengan ketuntasan nilai kedisiplinan 90,32% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 36,27 dengan ketuntasan nilai kedisiplinan 93,54%. Pada hasil penelitian prestasi siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,62% dengan ketuntasan nilai prestasi belajar 45,92% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 84,92% dengan ketuntasan nilai prestasi belajar 89,88%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraa kelas V SDN Wiradadi Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas pokok bahasan contoh peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan daerah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd dan Drs. Pamujo, MM., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap Disiplin, Prestasi Belajar PKn, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 02 Feb 2018 01:05
Last Modified: 02 Feb 2018 01:05
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item