IQBAL FAUZI IRIYANTO (2017) GAME EDUKASI MATEMATIKA KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN BERBASIS ANDROID PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO - COVER.pdf]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO - COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB I.pdf]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB I.pdf

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB II.pdf]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB II.pdf

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB III.pdf] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB IV.pdf] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB V.pdf] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB VI.pdf] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (754kB) | Preview
[thumbnail of IQBAL FAUZI IRIYANTO LAMPIRAN.pdf] Text
IQBAL FAUZI IRIYANTO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, hal
tersebut terbukti dari banyaknya teknologi informasi yang dipakai dalam berbagai
bidang kehidupan. Perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu
pemicu terjadinya perubahan pola pikir manusia untuk dapat memperoleh
informasi secara cepat dan akurat. Pembuatan
game
edukasi adalah mengubah
cara belajar konvensional menjadi cara belajar simulasi dengan aplikasi
game
edukasi.
Mengembangkan sebuah permainan edukasi yang mampu membuat
minat b
elajar kembali atau tertarik pada mata pelajaran Matematika materi KPK
dan FPB.
Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode Luter dengan mengacu pada metodologi pengembangan
multimedia
versi Luter-Sutopo. Menurut Luther (1994) metode pengembangan
multimedia terdiri dari 6 tahap yaitu
concept
(pengonsepan),
design
(perancangan),
material collecting
(pengumpulan materi),
assembly
(pembuatan),
testing
(pengujian), dan
distribution
(pendistribusian).
Game
ini memiliki 2 jenis
soal yaitu KPK dan FPB, pada
game
KPK atau FPB pemain harus melewati
rintangan yang ada dan harus menjawab soal KPK atau FPB dengan waktu 200
detik. Setiap jawaban yang benar pemain akan mendapat nilai 10 dan jawab yang
salah mendapat nilai 0. Berdasarkan hasil ujian
alpha
dapat ditarik kesimpulan
bahwa dalam
g
ame
edukasi Matematika berbasis
android
tidak terdapat kesalahan
proses dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang
diharapkan.
Ujian
beta
hasil rata-rata Index dari responden 16 orang sebesar 88,12
%, sehingga termasuk kategori sangat setuju dengan
game
edukasi yang dibuat
untuk membantu pembelajaran siswa mata pelajaran matematika materi KPK dan
FPB.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Sigit Sugiyanto, S.T., M. Eng.,
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Matematika, KPK, FPB
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Tekniik Dan Sains > Teknik Informatika S1
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 01:50
Last Modified: 23 Sep 2019 05:36
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7325

Actions (login required)

View Item View Item