MULYATI, MULYATI (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP AKTIVITAS ILMIAH DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_MULYATI_BIOLOGI'15.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_MULYATI_BIOLOGI'15.pdf Download (690kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_MULYATI_BIOLOGI'15.pdf Download (787kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_MULYATI_BIOLOGI'15.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
![]() |
Text
BAB IV_MULYATI_BIOLOGI'15.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_MULYATI_BIOLOGI'15.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_MULYATI_BIOLOGI'15.pdf Download (708kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran Group
Investigation terhadap aktivitas ilmiah dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA di
SMA Negeri 1 Sokaraja telah dilakukan pada semester genap tahun ajaran
2014/2015. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran GI (Group Investigation) terhadap peningkatan aktivitas ilmiah dan
sikap ilmiah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sokaraja. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel
dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Objek penelitian ini
adalah siswa kelas XI IPA 5 (kelas eksperimen) dan XI IPA 4 (kelas kontrol)
SMA Negeri 1 Sokaraja. Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi Pearson
Product Moment melalui program SPSS 16. Aktivitas ilmiah yang diamati
meliputi aktivitas merumuskan masalah, menunjukkan hipotesis, menguji
hipotesis, membuat kesimpulan dan menyampaikan kesimpulan. Sikap ilmiah
yang diamati meliputi sikap rasa ingin tahu, berpikir kritis, berpikiran terbuka,
kerjasama dan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang
signifikan antara model pembelajaran GI terhadap aktivitas ilmiah dan sikap
ilmiah. Aktivitas ilmiah kelas eksperimen berada pada kategori yang bervariasi
dengan rata-rata sangat baik, baik, cukup dan kurang baik. Sikap ilmiah kelas
eksperimen berada pada kategori yang bervariasi dengan rata-rata sangat baik,
baik dan cukup. Hasil tersebut berdampak pada hasil belajar berupa nilai post-test
kelas eksperimen dengan rata-75,17 yang telah mencapai KKM dengan standar
nilai 75 dan kelas kontrol sebesar 44,58 belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Ivestigation
berpengaruh terhadap aktivitas ilmiah dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA di
SMA Negeri 1 Sokaraja.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas ilmiah, Model GI (Group Investigation), Pembelajaran Biologi, Sikap ilmiah, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 03:30 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:00 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |