EFEKTIVITAS METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA (Studi Eksperimen terhadap Pemahaman dan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kembaran)

MULJANINGSIH, SRI REDJEKI (2013) EFEKTIVITAS METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA (Studi Eksperimen terhadap Pemahaman dan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kembaran). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH COVER.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH BAB I.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH BAB II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
SRI REDJEKI MULJANINGSIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: (1) apakah metode inkuiri efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penulisan teks berita, (2) apakah metode inkuiri efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks berita, dan (3) apakah metode inkuiri efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa menulis teks berita. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan pendekatan eksperimen yang menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design yang dilaksanakan di SMPN 1 Kembaran dengan populasi pemahaman dan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII. Sampel diambil melalui teknik simple random sampling dengan kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol, pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk mengukur pemahaman penulisan teks berita dan tes uraian untuk mengukur kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode inkuiri efektif terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang penulisan teks berita, terbukti dari hasil uji-t diperoleh t hitung (4,848) lebih besar daripada t tabel (1,670) maka Ho (1) ditolak dan Ha (1) diterima; (2) metode inkuiri efektif terhadap peningkatan kemampuan menulis teks berita, terbukti dari hasil uji-t diperoleh t hitung (2,510) lebih besar daripada t tabel (1,670) maka Ho (2) ditolak dan Ha (2) diterima; dan (3) metode inkuiri efektif terhadap peningkatan pemahaman dan kemampuan menulis teks berita, terbukti diperoleh t hitung (2,331) lebih besar daripada t tabel (1.670) maka Ho (3) ditolak dan Ha (3) diterima. Dengan demikian, penggunaan metode inkuiri terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pemahaman dan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Kosadi Hidayat, M.Pd., dan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode inkuiri, menulis teks berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:25
Last Modified: 23 Jan 2018 03:25
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7284

Actions (login required)

View Item View Item