NOVITANINGSIH, RENI (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MEMAHAMI KONSEP BILANGAN DENGAN BENDA-BENDA NYATA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI BOBOTSARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Download (586kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Download (642kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
![]() |
Text
BAB IV_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
![]() |
Text
BAB V_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Download (537kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_RENI NOVITANINGSIH_PAUD'12.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk membuktikan adanya peningkatan
kemampuan memahami konsep bilangan dengan benda-benda nyata melalui metode
pemberian tugas pada anak kelompok A TK Pertiwi Bobotsari Kecamatan Bobotsari
Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitiannya adalah anak
didik TK Pertiwi Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga yang
berjumlah 20 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 14 anak perempuan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode analisis
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sesuai dengan pengumpulan data yang telah
diperoleh peneliti kemudian melakukan serangkaian proses analisis data untuk
mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan memahami konsep bilangan dengan
benda-benda nyata melalui metode pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan
ketika kondisi awal siswa yang mencapai kategori anak yang berkembang sangat baik
ada 7 anak atau 35%, anak yang berkembang sesuai harapan ada 2 anak atau 10%,
anak yang mulai berkembang ada 2 anak atau 10%, dan anak yang belum
berkembang ada 7 anak atau 45%.
Pada siklus I terjadi perubahan yaitu anak yang berkembang sangat baik naik
menjadi 8 anak atau 40%, anak yang berkembang sesuai harapan menjadi 6 anak atau
30%, anak yang mulai berkembang ada 2 anak atau 10% dan anak yang belum
berkembang turun menjadi 4 anak atau 20%.
Sedangkan pada siklus II hasil yang diperoleh yaitu anak yang berkembang sangat
baik naik menjadi 16 anak atau 80%, anak yang berkembang sesuai harapan ada 1
anak atau 5%, anak yang mulai berkembang ada 1 anak atau 5%, dan anak yang
belum berkembang ada 2 anak atau 10%.
Hasil penelitian ini diharap kan bermanfaat secara teoritis sebagai salah satu solusi
untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan dan secara praktis
bermanfaat untuk mengatasi rendahnya kemampuan hasil belajar anak di Kelompok
A TK Pertiwi Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Tahun
Pelajaran 2011-2012.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. JOHNI DIMYATI, M.M., dan TATIK ARIYATI, S.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan memahami konsep bilangan, metode pemberian tugas, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 02:48 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:00 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |