Ulfa, rivia (2012) Pengaruh Multimedia Virtual Reality Terhadap Pemahaman Dan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang Dalam Mempelajari Konsep Ipa Biologi. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Rivia Ulfa Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Rivia Ulfa Bab I.pdf Download (645kB) | Preview |
Preview |
Text
Rivia Ulfa Bab II.pdf Download (636kB) | Preview |
![]() |
Text
Rivia Ulfa Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
![]() |
Text
Rivia Ulfa Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Rivia Ulfa Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
Preview |
Text
Rivia Ulfa Daftar Pustaka.pdf Download (603kB) | Preview |
![]() |
Text
Rivia Ulfa Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia Virtual Reality terhadap pemahaman dan kemampuan analisis siswa telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ajibarang pada semester genap bulan April tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sample secara cluster random sampling. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang yang terdistribusi dalam kelompok besar (kelas) yang ditentukan berdasarkan undian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 80,58 dan pada kelas kontrol sebesar 59,71. Hasil uji t menunjukkan thitung = 23,57 > t tabel 2,27. Hasil observasi aktivias belajar siswa yang terkait kemampuan analisis diperoleh persentase rata-rata untuk kategori Sangat Baik, Baik dan Cukup secara urut: Kemampuan mengobservasi objek 4,46 %, 34,33% dan 11,92%. Kemampuan menganalisis 0%, 25,42%, dan 11, 18%. Kemampuan menafsirkan data 0%, 18,74%, dan 15,71%. Kemampuan mengintepretasikan data 0%, 17,91%, dan 15,8%. Kemampuan menghubungkan konsep 0%, 16,42%, dan 12,68%. Kemampuan kemampuan menyimpulkan 2,21%, 40,37% dan 12,03%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan multimedia Virtual Reality berpengaruh terhadap pemahaman dan kemampuan analisis siswa dalam mempelajari konsep IPA Biologi Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Additional Information: | Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan analisis, Pemahaman, Multimedia Virtual Reality |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 01:49 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 01:11 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |