NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN SARAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Amalia Saputri, Dessy (2013) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN SARAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... COVER T.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... BAB I.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... BAB II.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... BAB III..pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... BAB IV.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... BAB V.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dessy Amalia Saputri .... LAMPIRAN.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Saran Penerapannya dalam Pembelajaran Sastra di SMA ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dan saran penerapan nilai tersebut sebagai materi dalam pembelajaran sastra di SMA. Objek dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Data penelitian yang digunakan adalah berupa teks yang mengandung nilai pendidikan karakter dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan didaktis. Pendekatan didaktis merupakan pendekatan yang berusaha menemukan dan memahami gagasan, tanggapan evaluatif, maupun sikap pengarang terhadap kehidupan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara ini mengandung nilai pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel tersebut adalah: (1) nilai religius pada perilaku tokoh Dahlan dan Bapak Dahlan, sejumlah empat kutipan, (2) nilai jujur pada perilaku tokoh Dahlan, Bapak Dahlan dan Zain (adik Dahlan), sejumlah tiga kutipan, (3) nilai disiplin pada perilaku tokoh Bapak Dahlan, Dahlan , dan Mbak Sofwati , sejumlah tiga kutipan , (4) nilai kerja keras pada perilaku tokoh Dahlan, Bapak dan Ibu Dahlan, warga d esa Kebon Dalem dan Imran, sejumlah tujuh kutipan , (5) nilai kreatif pada perilaku tokoh utama (Dahlan), sejumlah dua kutipan , (6) nilai mandiri perilaku tokoh Ibu Dahlan, Mbak Sofwati, Bapak Dahlan , Dahlan dan Zain, sejumlah empat kutipan , (7) nilai demokratis pada perilaku tokoh warga d esa Kebon Dalem dan Dahlan , sejumlah dua kutipan , (8) nilai rasa ingin tahu pada perilaku tokoh utama (Dahlan) , sejumlah dua kutipan , (9) nilai menghargai prestasi p ada perilaku tokoh utama (Dahlan) , sejumlah satu kutipan , (10) nilai bersahabat atau komunikatif pada perilaku tokoh Dahlan, Kadir dan Maryati , sejumlah lima kutipan , (11) nilai peduli lingkungan pada perilaku tokoh utama (Dahlan) , sejumlah satu kutipan , (12) nilai peduli sosial pada perilaku tokoh Komariyah dan Maryati , sejumlah dua kutipan , (13) nilai tanggung jawab pada perilaku tokoh Bapak Dahlan , sejumlah satu kutipan , dan (14) nilai percaya diri pada perilaku tokoh warga desa Kebon Dalem, Dahlan, dan Mbak Sofwati, sejumlah empat kutipan . Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara juga telah memenuhi kriteria pemilihan bahan ajar untuk siswa yaitu kriteria baha sa, psikologi (kematangan jiwa), latar belakang budaya , kriteria sastra dan kriteria pendidik an siswa. Oleh karena itu, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel tersebut dapat disampaikan sebagai materi pembelajaran sastra kepada siswa sesuai Standar Kompetensi membaca yaitu pada nomor 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia atau novel terjemahan dengan Kompetensi dasar pada nomor 7.2 menemukan unsur -unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia atau terjemahan. Adapun penerapan materi tersebut dapat disampaikan kepada siswa melalui kegiatan pembelajaran yang dirumuskan melalui se buah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Dra. Isnaeni Praptanti, M. Pd , Dra. Eko Sri Israhayu, M. Hum,
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. xii
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Kasto .
Date Deposited: 18 Jan 2018 01:39
Last Modified: 18 Jan 2018 01:39
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item View Item