MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD DITINJAU DARI STATUS EKONOMI DAN PENDIDIKAN ORANG TUA DI UPK BANYUMAS

SUWARNO, - (2011) MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD DITINJAU DARI STATUS EKONOMI DAN PENDIDIKAN ORANG TUA DI UPK BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SUWARNO COVER.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUWARNO BAB I.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUWARNO BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUWARNO BAB III.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
SUWARNO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
SUWARNO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
SUWARNO BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
SUWARNO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
SUWARNO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat dan kemampuan membaca siswa SD di UPK Banyumas ditinjau dari status ekonomi dan pendidikan orang tua. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Populasi penelitian ini adalah karakter minat dan kemampuan membaca siswa kelas V SD di UPK Banyumas tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik sampling yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan sampel dengan cara undian menggunakan gulungan kertas. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis variansi (anova). Hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan minat dan kemampuan membaca siswa ditinjau dari status ekonomi orang tua. Hal ini dibuktikan FStatus Ekonomi Orang Tua untuk minat membaca 10,848 sedangkan untuk kemampuan membaca 20,446 sedangkan Ftabel dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 400 pada taraf signifikan 1 % diperoleh hasil 4,66 dengan demikian Fhitung > Ftabel. Perbedaan yang signifikan juga terdapat pada minat dan kemampuan membaca siswa ditinjau dari pendidikan orang tua. Hal ini dibuktikan FPendidikan Orang Tua untuk minat membaca 6,467 dan kemampuan membaca 12,189. Sedangkan Ftabel dengan dk pembilang 3 dan dk penyebut 400 pada taraf signifikan 1% diperoleh hasil 3,83 dengan demikian Fhitung > Ftabel. Minat dan kemampuan membaca siswa jika ditinjau dari status ekonomi dan pendidikan orang tua juga terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan FStatus Ekonomi Orang Tua * Pendidikan Orang Tua untuk minat membaca 2,422 dan kemampuan membaca 2,583. Sedangkan Ftabel dengan dk pembilang 5 dan dk penyebut 400 pada taraf signifikan 5 % diperoleh hasil 2,21 dengan demikian Fhitung > Ftabel. Berdasarkan simpulan hasil penelitian di atas, saran peneliti sebagai berikut. Siswa diharapkan selalu berusaha mengembangkan minat dan kemampuan membaca untuk peningkatan kualitas baca. Orang tua mendorong anak untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca menjadi suatu kebutuhan dengan memberikan fasilitas belajar anak, melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap anak di dalam belajar. Sekolah menyediakan sarana dan prasarana bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. dan Dr. Furqanul Aziez, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan; membaca; minat; pendidika; status ekonomi;
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 03:40
Last Modified: 17 Jan 2018 03:40
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7137

Actions (login required)

View Item View Item