PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ASPEK BERBICARA (Sebuah Kajian pada Siswa SD di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara)

MUNJIATI, - (2011) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ASPEK BERBICARA (Sebuah Kajian pada Siswa SD di Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUNJIATI COVER.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUNJIATI BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUNJIATI BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
MUNJIATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
MUNJIATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
MUNJIATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
MUNJIATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbicara sangat penting bagi para siswa, namun pengajaran keterampilan berbicara di sekolah kurang mendapat perhatian yang intensif dan optimal dari para guru. 80% lebih guru di SD di Kabupaten Banjarnegara tidak memperhatikan aspek berbicara. Guru cenderung lebih menyukai mengajarkan membaca dan menulis sebagai fokus pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran terhadap aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya aspek berbicara pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2010-2011 ? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif expost de facto. Sampel diambil dari guru dan siswa 46 SD Negeri di Kecamatan Mandiraja. Sampel guru diambil dengan teknik simple random sampling, sementara siswa diambil dengan proportionate random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap aktivitas berbicara siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 12,686 > t tabel = 1,98). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pertama diterima. Kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar aspek berbicara pada siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-test yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada taraf kepercayaan 95% (t test = 2,791 > t tabel = 1,98). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis kedua diterima. Saran yang diajukan dari hasil penelitian adalah : 1) Para guru hendaknya lebih meningkatkan minat dan komitmen dalam mengajar aspek berbicara, sehingga siswa dapat memiliki bekal kemampuan berbicara yang lebih baik, 2) Fokus guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia hendaknya tidak hanya pada materi yang banyak diujikan dalam Ujian Nasional (UN), tetapi juga komprehensif pada semua materi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Parwati Maryam Sidharta dan Drs. Kuntoro, M.Hum;
Uncontrolled Keywords: kemampuan merancang;melaksanakan pembelajaran; aspek berbicara; aktivitas belajar; hasil belajar;
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 03:32
Last Modified: 17 Jan 2018 03:32
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7135

Actions (login required)

View Item View Item