PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL BELAJAR JIGSAW II DI KELAS IV SD NEGERI DAWUHANWETAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ADNAN, KOMARUL (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL BELAJAR JIGSAW II DI KELAS IV SD NEGERI DAWUHANWETAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
KOMARUL ADNAN COVER.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOMARUL ADNAN BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOMARUL ADNAN BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
KOMARUL ADNAN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
KOMARUL ADNAN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
KOARUL ADNAN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
KOMARUL ADNAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
KOMARUL ADNAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada materi perubahan wujud benda dengan menggunakan model belajar Jigsaw II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dawuhanwetan Kabupaten Banyumas yang berjumlah 32 siswa. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model belajar Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar ranah kognitif siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 43,75%menjadi 96,87%. Hasil belajar ranah afektif mengalami kenaikan dari siklus I 64,14%menjadi 89,29% pada siklus II. Dan hasil belajar ranah psikomotor siklus I 52,15%, dan meningkat menjadi 86,91% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV Negeri Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si, dan Drs. Subuh Anggoro, S.Pi M.Pi
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Perubahan Wujud Benda, Model Belajar Jigsaw II
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:30
Last Modified: 14 May 2024 02:05
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7127

Actions (login required)

View Item View Item