LESTARI, TRI (2012) P ENINGKAT AN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP BIOLOGI PADA MAT A PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII A SMP N EGERI 2 KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “
Peningkatan Aktivitas Belajar
dalam Memahami Konsep Biologi pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan
Pendekatan Pembelajaran IPA Terpadu pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2
Kembaran” dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012
. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam memahami konsep
biologi pada mata pelajaran IPA menggunakan pendekatan pembelajaran IPA
terpadu. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dengan
jumlah 34 orang yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki

laki.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini
yaitu peningkatan aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar. Jumlah siswa
yang aktif belajar siklus I, II, dan III yang mencapai sekurang

kurangnya
kategori Baik, meliputi aktivitas mengamati suatu obyek secara berturut

turut
sebanyak 81 %, 87 %, dan 89 %, mengaitkan secara berturut - turut 0 %, 8 %, dan
26 %, aktivitas diskusi secara berturut - turut 26 %, 24 %, dan 48 %, keterlibatan
dalam kegiatan secara berturut

turut 14 %, 10 %, dan 24 %,
mengkomunikasikan secara berturut - turut 5 %, 6 %, dan 25 % dan
menyimpulkan secara berturut

turut 4 %, 8 %, dan 22 %. Meningkatnya
aktivitas belajar dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil
belajar meliputi meningkatnya rata

rata nilai postes siklus I, II, dan III secara
berturut - turut 46, 68, dan 80 dengan ketuntasan kelas secara berturut

turut 9 %,
48 %, dan 82 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pendekatan pembelajaran IPA terpadu dapat meningkatkan aktivitas belajar dalam
proses pembelajaran materi IPA pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2
Kembaran.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd, M.Si dan Drs. Heri Maryanto, M.Si
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, pemahaman konsep, pendekatan pembelajaran IPA terpadu.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2018 02:09
Last Modified: 05 Nov 2024 00:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item View Item