ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 KUTASARI TAHUN PELAJARAN 2013-2014

SEFRIANI, LELY (2014) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 KUTASARI TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Lely Sefriani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lely Sefriani_BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lely Sefriani_BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
Lely Sefriani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
Lely Sefriani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text
Lely Sefriani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
Lely Sefriani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
Lely Sefriani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Kemampuan Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 4 Kutasari Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Kutasari Tahun Pelajaran 2013-2014 dalam menulis narasi berdasarkan teks wawancara. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Kutasari tahun pelajaran 2013-2014 berjumlah 36 siswayang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan,sedangkan data dalam penelitian ini berupa hasil menulis narasi berdasarkan teks wawancara yang dibuat oleh siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, untuk mendapatkan data yang dibutuhkan peneliti memberikan tugas kepada siswa untuk mengubah teks wawancara dengan tema yang telah ditertentu menjadi sebuah tulisan narasi. Untuk teknik analisis, peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu tahap reduksi data dengan cara mengambil data yang pokok dan penting berdasarkan permasalahan yang ada kemudian membuat klasifikasi yang didasarkan pada pedoman penilaian kemampuan menulis narasi berdasarkan teks wawancara yang meliputi empat aspek dengan beberapa kriteria. Dari aspek kualitas dan ruang lingkup isi meliputi satu kriteria yaitu kesesuaian tulisan dengan tema dalam teks wawancara. Dari aspek organisasi dan penyajian isi terdapat satu kriteria yaitu pengembangan teks wawancara menjadi narasi. Dari aspek kohesi dan koherensi meliputi dua kriteria, yaitu keterpaduan antar kalimat serta penggunaan kalimat langsung dan tak langsung. Dari aspek mekanik meliputi dua kriteria, yaitu kosakata serta penggunaan tanda baca dan huruf kapital. Tahap penyajian data, peneliti menyajikan data hasil reduksi dalam bentuk tabel klasifikasi yang dilakukan untuk masing-masing kriteria kemampuan menulis narasi berdasarkan teks wawancara, kemudian diuraikan dalam bentuk uraian singkat (berbentuk naratif). Langkah terakhir yaitu verifikasi dengan melakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi terhadap hasil yang diperoleh dari hasil reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil analisis ditemukan skor rata-rata siswa pada kriteria kesesuaian tulisan dengan tema dalam teks wawancara mencapai 2. Pada kriteria pengembangan teks wawancara menjadi narasi skor rata-rata siswa mencapai 2,3. Pada kriteria keterpaduan antar kalimat skor rata-rata siswa mencapai 2,2. Pada kriteria penggunaan kalimat langsung dan tak langsung skor rata-rata siswa mencapai 1,9. Pada kriteria kosakata skor rata-rata siswa mencapai 2,1. Pada kriteria penggunaan tanda baca dan huruf kapital skor rata-rata siswa mencapai 1,5. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi berdasarkan teks wawancara masuk dalam kategori “baik”, nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 76,6. Perolehan nilai rata-rata siswa tersebut sudah dinyatakan tuntas karena nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah di atas kriteria ketuntasan minimal. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII A SMP Negeri 4 Kutasari adalah 75.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Eko Sri Israhayu, M.Hum. dan Akhmad Fauzan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Menulis, Narasi, Teks Wawancara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:50
Last Modified: 16 Jan 2018 02:50
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item