ATINURANI, AYU (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETRAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP N 2 BANYUMAS TAHUN AJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Ayu Atinurani_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Ayu Atinurani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ayu Atinurani_BAB I.pdf]
Preview
Text
Ayu Atinurani_BAB I.pdf

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of Ayu Atinurani_BAB II.pdf]
Preview
Text
Ayu Atinurani_BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[thumbnail of Ayu Atinurani_BAB III.pdf] Text
Ayu Atinurani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[thumbnail of Ayu Atinurani_BAB IV.pdf] Text
Ayu Atinurani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[thumbnail of Ayu Atinurani_BAB V.pdf] Text
Ayu Atinurani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of Ayu Atinurani_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Ayu Atinurani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of Ayu Atinurani_LAMPIRAN.pdf] Text
Ayu Atinurani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul implementasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap ketrampilan proses sains pada pembelajaran IPA materi Biologi siswa kelas VII SMP N 2 telah dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap ketrampilan proses sains pada pembelajaran IPA materi Biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyumas yang terdistribusi dalam 6 kelas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikansi pada taraf uji 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketrampilan proses sains siswa yang meliputi kemampuan mengamati objek, menafsirkan hasil pengamata, mengklasifikasikan, mengajukan hipotesis, mengkomunikasikan hasil, dan mengkomunikasikan pendapat, menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan pada semua kemampuan,tetapi tingkat hubungannya bervariasi. Kondisi tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 76.95 sedangkan nilai rata-rata post-test kontrol sebesar 69.25. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada mata pelajaran IPA materi Biologi berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyumas.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, IPA (Biologi), Ketrampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:26
Last Modified: 16 Jan 2018 02:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item