EFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEMAMPUAN PENGEMBANGAN PARAGRAF NARASI (Studi Quasi Eksperimen di SMP Negeri 2 Purwokerto)

WARTINIYATI, EKO YULI IRIYANI (2011) EFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM KEMAMPUAN PENGEMBANGAN PARAGRAF NARASI (Studi Quasi Eksperimen di SMP Negeri 2 Purwokerto). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI COVER.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI BAB I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI BAB II.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img]
Preview
Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text
EKO YULI IRIYANI WARTINIYATI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengembangkan paragraf narasi melalui metode problem based learning, (2) mengetahui keberhasilan pengajaran pengembangan paragraf dengan menggunakan metode problem based learning, dan (3) ingin mengetahui efektivitas metode problem based learning terhadap kemampuan peserta didik dalam mengembangkan paragraf pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Pemilihan Sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes yang dipakai untuk mengukur kemampuan pengembangan paragraf narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan peserta didik dalam mengembangkan paragraf sebelum diberikan metode problem based learning rata-rata sebesar 80 dan Kemampuan peserta didik dalam mengembangkan paragraf sesudah diberikan metode problem based learning rata-rata sebesar 87,29 sehingga dapat dikatakan bahwa metode problem based learning mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan paragraf; (2) metode problem based learning berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan paragraf dan mencapai KKM yang telah ditentukan. Sebelum dilakukan pembelajaran dengan metode problem based learning terdapat 15 siswa yang belum tuntas (tidak KKM) sedangkan sesudah digunakan metode problem based learning semua siswa telah mencapai KKM (100%). (3) metode problem based learning terbukti efektif dalam pembelajaran pengembangan paragraf. Hasil uji statistik diperoleh nilai t hitung sebesar 9,804 lebih besar dari t tabel 1,679.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd. dan Dr. Furqanul Aziez, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: metode Problem Based Learning, kemampuan pengembangan paragraf narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:56
Last Modified: 16 Jan 2018 01:56
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7059

Actions (login required)

View Item View Item