PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SETELAH PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI KABUPATEN PURBALINGGA

BUDIMAN, . (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SETELAH PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BUDIMAN COVER.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BUDIMAN BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BUDIMAN BAB II.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
BUDIMAN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BUDIMAN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BUDIMAN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BUDIMAN BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
BUDIMAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
BUDIMAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan KTSP menuntut kreativitas para guru untuk mengembangkan potensi siswa agar berprestasi dan mampu bersaing. Hal ini menuntut disusunnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang visioner untuk selalu membaca peluang dan tantangan ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa sekolah dasar kelas V sebelum dan setelah penerapan KTSP di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah dasar kelas V di Kabupaten Purbalingga. Sampel diambil dari 5 sekolah dasar yang mewakili wilayah pedesaan, pegunungan dan perkotaan. Jumlah sampel sebanyak 204 siswa kelas V yang diambil secara acak sederhana. Terdapat perbedaan komponen silabus dalam hal indikator, kegiatan pembelajaran, teknik penilaian, alokasi waktu dan sumber/bahan/alat sebagai strategi untuk mencapai kompetensi berdasarkan letak geografis sekolah dasarnya. Terdapat perbedaan kelengkapan rencana pelaksanaan pembelajaran berupa indikator, sarana pembelajaran, tujuan pembelajaran, metode, materi pokok, karakter siswa yang diharapkan dan penilaian yang digunakan untuk mencapai kompetensi antar sekolah dasar di pedesaan, perkotaan dan pegunungan. Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas silabus, RPP, pelaksanaan pembelajaran dan instrument penilaian pelaksanaan pembelajaran dengan kemampuan menulis (r=0,670; p<0,05). Kemampuan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar kelas V di Kabupaten Purbalingga memiliki tingkatan sedang dengan nilai rerata 7. Pelaksanaan pembelajaran menulis pada siswa kelas V di Kabupaten Purbalingga sudah memenuhi acuan standar proses yang terbukti dalam penyusunan silabus dan RPP sudah sesuai dengan acuan Permendiknas no 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemampuan menulis siwa sekolah dasar kelas V di Kabupaten Purbalingga dipengaruhi oleh perbedaan letak geografis berupa pegunungan, perkotaan dan pedesaan. Kondisi tersebut dapat diminimalkan dengan penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang rinci, jelas dan terukur sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa sekolah dasar kelas V di Kabupaten Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsudin, AR.,M.S. dan Drs. Kuntoro, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, karangan narasi, sekolah dasar, kelas V, perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:17
Last Modified: 16 Jan 2018 01:17
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7046

Actions (login required)

View Item View Item