DARYATI, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN GAMANG TRADISIONAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI KARANGLEWAS KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Daryati Cover.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
Daryati Bab I.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
Daryati Bab II.pdf Download (610kB) | Preview |
|
Text
Daryati Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
||
Text
Daryati Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
||
Text
Daryati Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
||
|
Text
Daryati Daftar Pustaka.pdf Download (520kB) | Preview |
|
Text
Daryati Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
Abstract
Perkembangan kognitif bagi anak usia dini sangat penting karena akan membantu anak dalam memecahkan masalah serta mengembagkan kemampuan memilah, mengelompokkan, memilih dan membantu kemampuan berfikir anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui permainan tardisional gamang pada anak didik kelompok B TK Pertiwi Karanglewas Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2012-2013. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi dan dokumentasi. Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan, masing-masing pertemuan menggunakan RKH dan pada akhir masing-masing siklus dilakukan refleksi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional gamang yang dilakukan pada upaya meningkatkan kemampuan Mengenal Angka terbukti dengan data sebagai berikut : observasi awal diperoleh data jumlah anak yang belum berkembang (BB) ada 4 anak atau 20%, mulai berkembang (MB) ada 8 anak atau 40%, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) ada 3 anak atau 15%, dan anak yang berhasil sangat baik (BSB) ada 5 anak atau 25%. Pada siklus I, data jumlah anak yang belum berkembang (BB) ada 3 anak atau 15%, mulai berkembang (MB) ada 5 yaitu 15%, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) ada 4 anak atau 20%, dan anak yang berhasil sangat baik (BSB) ada 8 anak atau 40%. Sedangkan pada siklus II jumlah anak yang belum berkembang (BB) tidak ada, mulai berkembang (MB) tidak ada, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 4 anak atau 20%, dan berkembang sangat baik (BSB) ada 16 anak atau 80%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, MM. dan Yuki Widiasari, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan mengenal angka, permainan tradisional gamang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 04:24 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 01:46 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/7029 |
Actions (login required)
View Item |