AZIZAH, ANIS (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 KROYA MELALUI PEMBELAJARAN ARCS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf]
Preview
Text
COVER_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf]
Preview
Text
BAB I_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf]
Preview
Text
BAB II_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf] Text
BAB III_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf] Text
BAB IV_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf] Text
BAB V_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf] Text
LAMPIRAN_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa SMP Negeri 3 Kroya melalui pembelajaran ARCS
pada pokok bahasan SPLDV. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F
SMP Negeri 3 Kroya yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus
meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap
siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, pertemuan pertama dan kedua dengan
alokasi waktu 2 x 40 menit untuk tindakan pembelajaran dan pertemuan ketiga
dengan alokasi waktu 1 x 40 menit untuk evaluasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas
siswa. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam
menguasai materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap akhir siklus
diadakan evaluasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran matematika
menunjukkan bahwa penggunaaan pembelajaran ARCS dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada
pelaksanaan siklus I nilai rata-rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa 59,85 dengan ketuntasan belajar 58,82% dan pada siklus II nilai
rata-rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 74,12
dengan ketuntasan belajar 88,24%.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M. Si., dan Eka Setyaningsih, S.Si, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ARCS dan kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Jan 2018 00:12
Last Modified: 13 Jun 2024 07:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item