AZIZAH, ANIS (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 KROYA MELALUI PEMBELAJARAN ARCS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ANIS AZIZAH_MTK'12.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa SMP Negeri 3 Kroya melalui pembelajaran ARCS
pada pokok bahasan SPLDV. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F
SMP Negeri 3 Kroya yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus
meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap
siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, pertemuan pertama dan kedua dengan
alokasi waktu 2 x 40 menit untuk tindakan pembelajaran dan pertemuan ketiga
dengan alokasi waktu 1 x 40 menit untuk evaluasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas
siswa. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam
menguasai materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap akhir siklus
diadakan evaluasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada pembelajaran matematika
menunjukkan bahwa penggunaaan pembelajaran ARCS dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada
pelaksanaan siklus I nilai rata-rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa 59,85 dengan ketuntasan belajar 58,82% dan pada siklus II nilai
rata-rata evaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 74,12
dengan ketuntasan belajar 88,24%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M. Si., dan Eka Setyaningsih, S.Si, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran ARCS dan kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 00:12 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:01 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |